Source: MouthHealthy.org

Menjaga kebersihan mulut dan gigi dapat mencegah sensitivitas atau rasa sakit pada gigi. Dari segi keamanan, mungkin ada gigi yang patah, bagian yang patah atau bagian yang tidak aman yang bisa mereka telan. Dan untuk harga diri mereka, penting bagi individu untuk memiliki rasa bangga pada penampilan mereka dan memiliki kebersihan yang baik.

Berapa banyak bantuan yang Anda berikan akan tergantung pada individu. Jika orang dalam perawatan Anda dapat melakukan dasar-dasarnya, biarkan mereka. Beberapa orang dewasa mungkin memiliki masalah fisik yang membuat mereka tidak dapat memegang sikat gigi. Orang lain mungkin memiliki masalah memori, sehingga mereka lupa untuk menyikat dan menggunakan benang gigi. Orang dengan demensia mungkin membutuhkan seseorang untuk membersihkan gigi mereka setiap hari dan membawanya ke dokter gigi.


Perawatan Kesehatan Mulut Lansia

Tidak peduli situasi Anda, perawatan harian ditambah perawatan profesional sama dengan peluang terbaik untuk mulut yang sehat. Berikut adalah beberapa langkah perawatan mulut yang penting untuk orang dewasa yang lebih tua:

  • Sikat gigi dua kali sehari selama dua menit menggunakan pasta gigi berfluoride.
  • Bersihkan sela-sela gigi setiap hari dengan benang atau pembersih sela-sela gigi lainnya.
  • Bilas gigi palsu setelah makan, sikat setiap hari dengan pembersih gigi palsu dan keluarkan sebelum tidur dan simpan di air.
  • Jika orang tersebut menderita xerostomia (mulut kering), obat kumur bebas alkohol dapat membantu. 
  • Menyeruput air, mengisap (tidak mengunyah) keripik es dan menggunakan pelembab udara saat tidur dapat membantunya tetap terhidrasi.
  • Batasi makanan ringan dan minuman manis. 
  • Makanan dan minuman sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan air putih baik untuk mulut dan tubuh.
  • Buat dan pertahankan janji temu gigi berkala secara rutin. Bahkan orang dengan gigi palsu perlu mengunjungi dokter gigi.

Perhatikan gejala yang bisa menandakan masalah yang lebih besar, dan buat janji dengan dokter gigi untuk memeriksakannya.

Anda mungkin memiliki pertanyaan khusus untuk situasi Anda sendiri, jadi berikut adalah beberapa titik awal untuk berbagai jenis kasus perawatan. Dan selalu merasa bebas untuk berbicara dengan dokter gigi Anda atau dokter gigi orang yang Anda cintai untuk saran lebih lanjut.

Comments
* The email will not be published on the website.