Kalau kamu menderita suatu kondisi yang mempengaruhi daerah luar dan dalam mulut, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis penyakit mulut. Spesialis penyakit mulut telah menyelesaikan pendidikan lanjutan dan khusus, yang memungkinkan mereka untuk mendiagnosis dan mengelola berbagai masalah di seputar gigi dan mulut. 


Pendidikan lanjutan apa yang dijalani?

Setelah menyelesaikan pendidikan dokter gigi, spesialis penyakit mulut (SpPM) mengikuti Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ilmu Penyakit Mulut (PPDGS IPM) yang memungkinkan untuk membuat diagnosa dan manajemen dari lesi rongga mulut yang memerlukan pertimbangan tertentu yang lebih kompleks.

Apa yang dilakukan oleh spesialis penyakit mulut?

Seorang spesialis penyakit mulut berkompeten untuk mengatasi berbagai kelainan mukosa mulut, seperti ulser, tumor, kanker, infeksi dan alergi; gangguan yang berhubungan dengan kelenjar ludah; manifestasi gangguan temporomandibular; gangguan rasa dan bau; dan manifestasi oral penyakit sistemik dan infeksi. Sebagai bagian dari layanan mereka, seorang spesialis pengobatan mulut memenuhi syarat untuk melakukan serangkaian prosedur yang komprehensif untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai kondisi. Ini termasuk biopsi; studi pencitraan seperti CT scan dan MRI; tes saliva (air liur) dan darah;  dan nyeri rahang dan wajah yang terkait. 

Seorang spesialis penyakit mulut juga dapat melakukan berbagai prosedur tindakan terkait permasalahan gigi, dan bahkan dapat bekerja dengan praktisi kesehatan lainnya, termasuk dokter umum, dokter gigi, ahli onkologi dan ahli bedah maksilofasial untuk merumuskan rencana perawatan.

Seorang spesialis penyakit mulut berkompeten untuk mengatasi berbagai kelainan mukosa mulut

Kapan sebaiknya Anda menemui spesialis penyakit mulut?

Kamu mungkin akan dirujuk ke spesialis penyakit mulut oleh dokter gigi atau dokter umum/ spesialis, jika dokter memiliki kekhawatiran terkait jaringan lunak mulut yang kamu keluhkan. Kamu mungkin mendapat manfaat dari menemui spesialis penyakit mulut jika Anda menderita sariawan yang sering atau sangat menyakitkan; nyeri mulut umum; atau kondisi dermatologis yang memengaruhi mulut Anda. 

Kamu juga dirujuk ke spesialis pengobatan mulut jika dokter atau dokter gigi akan merekomendasikan biopsi mulut untuk memeriksa kanker. Alasan lain untuk berkonsultasi dengan spesialis pengobatan mulut termasuk kandidiasis oral; displasia mulut; dan lidah geografis, yang semuanya dapat muncul dengan bercak merah dan putih di mulut. 

Penyakit kulit yang sering bermanifestasi pada rongga mulut, dan yang dapat didiagnosis dan ditangani oleh dokter spesialis penyakit mulut meliputi reaksi alergi tertentu; lichen planus, yang merupakan kondisi peradangan kulit; dan lupus eritematosus, penyakit autoimun.


Comments
* The email will not be published on the website.